Sabtu, 24 Oktober 2015

(2/48) Kelahiran Rasulullah & Masa Penyusuan Beliau | Sejarah Nabi Muhammad



Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dilahirkan pada hari Senin (Ahmad: I : 277, Bukhari 3906, dan Muslim 1162, 197), setelah dua malam berlalu dari bulan Rabi’ul Awwal. Ada yang berpendapat pada malam kedelapannya.
Ada juga yang berpendapat pada malam ke duabelas. AzZubair bin Bakaar menceritakan: “Beliau dilahirkan di bulan Ramadhan.” Namun pendapat ini aneh. Diceritakan oleh AsSuhaili dalam ArRaudhah. Itu terjadi pada tahun Gajah, yakni 50 hari sesudahnya.

Yang benar, beliau dilahirkan pada tahun Gajah tersebut. Diceritakan oleh Ibrahim bin Al Mundzir Al Khuzaami, Syaikh dari Imam Bukhari dan Khalifah bin Khayyath serta ulama lainnya secara mufakat.

Ayah beliau wafat saat beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam masih dalam kandungan ibunya. Ada juga yang berpendapat, beberapa bulan setelah kelahiran beliau. Ada juga yang berpendapat, satu tahun setelah kelahirannya. Bahkan ada juga yang berpendapat, dua tahun setelah kelahiran beliau. Pendapat yang popular adalah yang pertama (Muslim: 1771 [70]).

Beliau disusukan di kalangan Bani Saad. Yang menyusui beliau adalah Halimah AsSa’diyyah, sebagaimana yang telah kami riwayatkan dengan sanad yang shahih. Beliau sempat tinggal di kalangan suku tersebut dalam penyusuan Halimah sekitar 4 tahun. Sempat terjadi kejadian bahwa dada beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dibelah oleh malaikat di kampung tersebut. Akhirnya beliau dikembalikan kepada ibunya (Ahmad: IV : 184, Muslim 162, 261). Beliau dibawa oleh ibunya ke kota Madinah, karena paman-paman beliau tinggal disana. Ibunda beliau akhirnya meninggal dunia di Abwa –saat hendak kembali ke Mekkah-. Saat itu beliau baru berumur 6 tahun 3 bulan 10 hari. Ada yang berpendapat bahkan beliau baru berumur empat tahun (Ahmad V : 386).

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya bahwa saat Rasulullah melewati Abwa menuju kota Mekkah pada tahun penaklukan kota tersebut, beliau meminta ijin kepada Rabb nya untuk menziarahi kuburan ibunya. Beliaupun diberika ijin. Lalu beliau menangis dan menyebabkan orang-orang di sekitar beliau turut menangis. Saat itu beliau membawa seribu orang pasukan yang memakai topi baja.
(Muslim: 956)

Saat ibunya wafat, beliau diasuh oleh Ummu Aiman, yakni mantan budak beliau yang beliau dapatkan sebagai warisan dari ayahnya (Muslim: 1771). Lalu beliau dirawat oleh kakeknya, Abdul Muthallib. Saat usia beliau mencapai 8 tahun, kakenya meninggal. Abdul Muthallib berpesan agar beliau dirawat oleh pamannya, Abu Thalib, karena Abu Thalib adalah saudara kandung dari ayah beliau, Abdullah. Akhirnya beliau diasuh oleh pamannya tersebut. Abu Thalib betul - betul memelihara beliau sebaik mungkin, bahkan melakukan pembelaan terhadap beliau saat beliau diutus sebagai Rasul dengan sekuat tenaga. Hanya saja ia masih tetap dalam kemusyrikannya hingga mati ! Akhirnya Allah memberikan keringanan siksa terhadap paman beliau, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih (Bukhari : 3883, Muslim: 209)

Suatu hari, pamannya mengajak beliau pergi ke negeri Syam dalam urusan dagang. Saat itu beliau masih berumur 12 tahun. Itu dilakukan pamannya karena ia sangat menyayangi beliau, karena tidak ada yang bisa merawat beliau bila ditinggalkan di Mekkah. Abu Thalib dan teman-temannya yang ikut keluar bersamanya ke Syam sempat melihat beberapa tanda kekuasaan Allah pada diri beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, sehingga semakin memotivasi Abu Thalib untuk merawat beliau, lebih bersemangat dari sebelumnya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Tarmidzi dalam kitab Jamie’ nya dengan sanad yang semua perawinya bisa dipercaya, diantaranya kisah awan yang menaungi beliau, pepohonan yang menjadi miring untuk melindungi beliau dengan keteduhannya, juga kabar gembira yang disampaikan pendeta Buhaira (ttg tanda-tanda kenabian pada diri beliau) yang kemudian memerintahkan pamannya untuk pulang membawa beliau agar tidak sempat dilihat oleh orang-orang Yahudi yang bisa memperlakukannya dengan buruk. Hadits ini memiliki dasar riwayat yang mahfuzh (tidak ganjil), namun mengandung beberapa tambahan (Tirmidzi: 3699).

Untuk kedua kalinya, beliau pergi ke Syam dengan membawa dagangan Khadijah binti Khuwailid bersama pelayan laki-lakinya yang bernama Maisarah dengan sistem qiraadh. Maisarah juga sempat melihat hal-hal yang menakjubkan pada diri beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam yang membuatnya tercengang. Saat pulang, ia mengabarkan apa yang dia saksikan itu kepada tuannya, Khadijah. Akhirnya Khadijah tertarik untuk menikah dengan beliau. Ketika beliau pulang dengan membawa keuntungan yang Allah kumpulkan untuk Khadijah, diluar perkiraan manusia, akhirnya Rasulullah menikahi Khadijah. Saat itu beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam berumur 25 tahun.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memelihara dan menjaga beliau semenjak kecil, menyucikan beliau dari noda-noda jahiliyyah bahkan dari setiap cela. Allah mengaruniai beliau segala perilaku yang baik, sehingga beliau dikenal dikalangan kaumnya sebagai Al Amin (yang dapat dipercaya). Karena mereka menyaksikan kesucian beliau, kejujuran ucapan, dan sifat amanahnya.


Bahkan suatu saat ketika kaum Quraisy membangun Ka’bah pada saat beliau berumur 35 tahun, lalu mereka sampai pada tempat Al Hajar Al Aswad. Ternyata mereka berbeda pendapat tentang siapa yang berhak meletakkan batu tersebut pada tempatnya. Masing-masing suku berkata “Kamilah yang berhak meletakkannya!”. Kemudian mereka bersepakat bahwa yang meletakkan batu tersebut adalah orang yang pertama datang menemui mereka. Ternyata yang pertama kali menemui mereka adalah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mereka berkata: “Al Amin datang !!!”. Mereka pun senang bila beliau yang meletakkannya. Lalu Rasulullah membentangkan sehelai kain selendang dan meletakkan Al Hajar Al Aswad di tengah kain selendang tersebut. Lalu beliau memerintahkan pemimpin masing-masing suku untuk mengangkat kain tersebut melalui bagian pinggirnya secara bersamaan, baru kemudian beliau mengangkat batu tersebut dan meletakkan pada tempatnya (Ahmad III: 425).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar