Rasulullah
Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dilahirkan pada hari Senin (Ahmad: I : 277,
Bukhari 3906, dan Muslim 1162, 197), setelah dua malam berlalu dari bulan
Rabi’ul Awwal. Ada yang berpendapat pada malam kedelapannya.
Ada juga yang berpendapat pada malam ke duabelas. AzZubair bin Bakaar menceritakan: “Beliau dilahirkan di bulan Ramadhan.” Namun pendapat ini aneh. Diceritakan oleh AsSuhaili dalam ArRaudhah. Itu terjadi pada tahun Gajah, yakni 50 hari sesudahnya.
Ada juga yang berpendapat pada malam ke duabelas. AzZubair bin Bakaar menceritakan: “Beliau dilahirkan di bulan Ramadhan.” Namun pendapat ini aneh. Diceritakan oleh AsSuhaili dalam ArRaudhah. Itu terjadi pada tahun Gajah, yakni 50 hari sesudahnya.
Yang benar,
beliau dilahirkan pada tahun Gajah tersebut. Diceritakan oleh Ibrahim bin Al
Mundzir Al Khuzaami, Syaikh dari Imam Bukhari dan Khalifah bin Khayyath serta
ulama lainnya secara mufakat.
Ayah beliau
wafat saat beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam masih dalam kandungan ibunya.
Ada juga yang berpendapat, beberapa bulan setelah kelahiran beliau. Ada juga
yang berpendapat, satu tahun setelah kelahirannya. Bahkan ada juga yang
berpendapat, dua tahun setelah kelahiran beliau. Pendapat yang popular adalah
yang pertama (Muslim: 1771 [70]).
Beliau
disusukan di kalangan Bani Saad. Yang menyusui beliau adalah Halimah
AsSa’diyyah, sebagaimana yang telah kami riwayatkan dengan sanad yang shahih.
Beliau sempat tinggal di kalangan suku tersebut dalam penyusuan Halimah sekitar
4 tahun. Sempat terjadi kejadian bahwa dada beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam
dibelah oleh malaikat di kampung tersebut. Akhirnya beliau dikembalikan kepada
ibunya (Ahmad: IV : 184, Muslim 162, 261). Beliau dibawa oleh ibunya ke kota
Madinah, karena paman-paman beliau tinggal disana. Ibunda beliau akhirnya
meninggal dunia di Abwa –saat hendak kembali ke Mekkah-. Saat itu beliau baru
berumur 6 tahun 3 bulan 10 hari. Ada yang berpendapat bahkan beliau baru
berumur empat tahun (Ahmad V : 386).
Imam Muslim
meriwayatkan dalam Shahih-nya bahwa saat Rasulullah melewati Abwa menuju kota
Mekkah pada tahun penaklukan kota tersebut, beliau meminta ijin kepada Rabb nya
untuk menziarahi kuburan ibunya. Beliaupun diberika ijin. Lalu beliau menangis
dan menyebabkan orang-orang di sekitar beliau turut menangis. Saat itu beliau
membawa seribu orang pasukan yang memakai topi baja.
(Muslim: 956)
(Muslim: 956)
Saat ibunya
wafat, beliau diasuh oleh Ummu Aiman, yakni mantan budak beliau yang beliau
dapatkan sebagai warisan dari ayahnya (Muslim: 1771). Lalu beliau dirawat oleh
kakeknya, Abdul Muthallib. Saat usia beliau mencapai 8 tahun, kakenya
meninggal. Abdul Muthallib berpesan agar beliau dirawat oleh pamannya, Abu
Thalib, karena Abu Thalib adalah saudara kandung dari ayah beliau, Abdullah.
Akhirnya beliau diasuh oleh pamannya tersebut. Abu Thalib betul - betul memelihara beliau sebaik mungkin,
bahkan melakukan pembelaan terhadap beliau saat beliau diutus sebagai Rasul
dengan sekuat tenaga. Hanya saja ia masih tetap dalam kemusyrikannya hingga
mati ! Akhirnya Allah memberikan keringanan siksa terhadap paman beliau,
sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih (Bukhari : 3883, Muslim: 209)
Suatu hari,
pamannya mengajak beliau pergi ke negeri Syam dalam urusan dagang. Saat itu
beliau masih berumur 12 tahun. Itu dilakukan pamannya karena ia sangat
menyayangi beliau, karena tidak ada yang bisa merawat beliau bila ditinggalkan
di Mekkah. Abu Thalib dan teman-temannya yang ikut keluar bersamanya ke Syam
sempat melihat beberapa tanda kekuasaan Allah pada diri beliau Shalallahu
‘Alaihi wa Sallam, sehingga semakin memotivasi Abu Thalib untuk merawat beliau,
lebih bersemangat dari sebelumnya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Tarmidzi dalam
kitab Jamie’ nya dengan sanad yang
semua perawinya bisa dipercaya, diantaranya kisah awan yang menaungi beliau,
pepohonan yang menjadi miring untuk melindungi beliau dengan keteduhannya, juga
kabar gembira yang disampaikan pendeta Buhaira (ttg tanda-tanda kenabian pada
diri beliau) yang kemudian memerintahkan pamannya untuk pulang membawa beliau
agar tidak sempat dilihat oleh orang-orang Yahudi yang bisa memperlakukannya
dengan buruk. Hadits ini memiliki dasar riwayat yang mahfuzh (tidak ganjil), namun mengandung beberapa tambahan
(Tirmidzi: 3699).
Untuk kedua
kalinya, beliau pergi ke Syam dengan membawa dagangan Khadijah binti Khuwailid
bersama pelayan laki-lakinya yang bernama Maisarah dengan sistem qiraadh. Maisarah juga sempat melihat
hal-hal yang menakjubkan pada diri beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam yang
membuatnya tercengang. Saat pulang, ia mengabarkan apa yang dia saksikan itu
kepada tuannya, Khadijah. Akhirnya Khadijah tertarik untuk menikah dengan
beliau. Ketika beliau pulang dengan membawa keuntungan yang Allah kumpulkan
untuk Khadijah, diluar perkiraan manusia, akhirnya Rasulullah menikahi
Khadijah. Saat itu beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam berumur 25 tahun.
Allah
Subhanahu wa Ta’ala telah memelihara dan menjaga beliau semenjak kecil,
menyucikan beliau dari noda-noda jahiliyyah bahkan dari setiap cela. Allah
mengaruniai beliau segala perilaku yang baik, sehingga beliau dikenal
dikalangan kaumnya sebagai Al Amin (yang dapat dipercaya). Karena mereka
menyaksikan kesucian beliau, kejujuran ucapan, dan sifat amanahnya.
Bahkan suatu saat ketika kaum Quraisy membangun
Ka’bah pada saat beliau berumur 35 tahun, lalu mereka sampai pada tempat Al
Hajar Al Aswad. Ternyata mereka berbeda pendapat tentang siapa yang berhak
meletakkan batu tersebut pada tempatnya. Masing-masing suku berkata “Kamilah
yang berhak meletakkannya!”. Kemudian mereka bersepakat bahwa yang meletakkan
batu tersebut adalah orang yang pertama datang menemui mereka. Ternyata yang
pertama kali menemui mereka adalah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Mereka berkata: “Al Amin datang !!!”. Mereka pun senang bila beliau yang
meletakkannya. Lalu Rasulullah membentangkan sehelai kain selendang dan
meletakkan Al Hajar Al Aswad di tengah kain selendang tersebut. Lalu beliau
memerintahkan pemimpin masing-masing suku untuk mengangkat kain tersebut
melalui bagian pinggirnya secara bersamaan, baru kemudian beliau mengangkat
batu tersebut dan meletakkan pada tempatnya (Ahmad III: 425).
bersambung in sya Allah....
>> Selanjutnya : (3/48) Diutusnya Beliau Sebagai Rasul
<< Sebelumnya : (1/48) Pembukaan (Nasab Beliau)
Oleh: Ibnu Katsir
Sumber: Pustaka AtTibyan
>> Selanjutnya : (3/48) Diutusnya Beliau Sebagai Rasul
<< Sebelumnya : (1/48) Pembukaan (Nasab Beliau)
Oleh: Ibnu Katsir
Sumber: Pustaka AtTibyan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar